Senin, 26 Desember 2011

Maaf..

Maaf, aku mengaguminya..
Dan kadang ingin memilikinya...
Egois...
Ahh, tapi kusadari ada benteng tinggi yang menghalaginya..
Sakit..
Maaf, aku khilaf dan sedikit sedang gila...

lanjut baca qaqa ^_^ - Maaf..

Kamis, 22 Desember 2011

Siapakah Dia...




Sejuk gemericik air di padang gersang
Basah terasa aliri pipa yang kering
hangat sentuhan nian damai terasa
Berkahi langkah kita di spanjang hayatnya

Kasih sayangnya sehangat mentari pagi
Belaian tangannya selembut kain sutera
Senyum manisnya tidurkan hati nan luka
Pandang matanya tajamkan hati nan suci

Wahai kawan siapakah dia?

Dia adalah wanita paling berjasa
Sejak kita lahir kedunia dan melanglang alam fana
Tiada tandingan pujinya dalam hidup kita
Yang melahirkan kita
menyusui dan membesarkan kita
Pertaruhkan jiwa raga membela kita semua

Dia adalah ibunda dan selalu mendoakan kita
Dalam keadaan lapang suka ataupun duka

Tutur katanya adalah harapan doa
Nasehat yang berguna sepanjang masa
Keredhoannya adalah ridho Illahi
Kemurkaannya adalah murka Illahi

Dan Kami perintahkan kepada manusia
(berbuat baik) kepada dua orang ibu-bapaknya
ibunya telah mengandungnya
dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah
menyapihnya dalam dua tahun.
Bersyukurlah kepada-Ku
dan kepada dua orang ibu bapakmu,
hanya kepada-Kulah kembalimu.
QS Lukman ayat 14

Marilah kita bersama mengasihinya
Selagi Alloh izinkan bersama kita
Bila Alloh telah memanggil ibunda
Sertakan doa selalu bagi dirinya

Semoga Alloh lapangkan alam kuburnya
Dan menyinari selalu dengan cahyanya
Memberkahi ibuda dengan ????nya
Dan melapangkan jalannya menuju syurga




(Nasyid, Suara Persaudaraan)




*gambar dari sini
lanjut baca qaqa ^_^ - Siapakah Dia...

Selasa, 20 Desember 2011

Sebelas di Bulan Desember 2011

12 Desember 2011, tepatnya 9 hari yang lalu.. saya dapat PeEr katanya dari Sari Muthmainnah terharu deh, dikasi PR, sudah lama dak dapat PR di blog.. :p
Sebelumnya, 29 Januari 2009 saya pernah kerja PR yang hampir mirip dari Kang Dhodie. Miriplah, sama-sama ada angka 11.nya hehe.. kalo dak salah ini adalah PR ke 6 yang saya dapatkan.. Dan seperti syarat dari sang empunya PR ( Mirna dan Maya ).
  • Pertama, harus menuliskan 11 hal tentang diri sendiri. 
  • Kedua, menjawab 11 pertanyaan yang diajukan oleh blogger yang memberikan tulisan berantai ini. 
  • Ketiga, membuat 11 pertanyaan untuk dilemparkan lagi kepada 11 blogger yang beruntung. 
Ok, langsung saja yah..


11 Things About Me

1. Anak ke3 dari 5 bersodara... Dan semuanya laki-laki.. Tapi saya tidak tomboy, ataupun manja lho.. :D 
2. Tidak banyak bicara, cukup yang penting-penting saja... Sampe sekrang saya berprinsip, “Berkatalah yang baik atau Diam”, sederhana sesuai Hadist Rasulullah, “Dari Abu Hurairah r.a, sesungguhnya Rasululloh bersabda, “Barang siapa yang beriman kepada Allah dan hari akhir hendaklah berkata baik atau diam…” (HR Mutafaqun ‘alih) 
3. Merah.. Yah, saya termasuk penyuka warna merah.. Dompet, motor, baju, jilbab, rok dan beberapa benda-benda yang sering saya gunakan berwarna merah.. Rencananya sih, mau pake karet behel yang warna merah juga.. hihi 
4. Peramah.. Ini kata orang.. hehe 
5. Sorry, saya tidak suka dengan konflik.. kalo mau lihat saya mundur teratur, buatlah konflik. Saya lebih suka berada di zona nyaman, salah yah.. :D 
6. Penyuka Seni. Kesenian apa saja, asal tetap sesuai syariah 
7. Cepat Bosan.. :D (tidak usah dijelaskan) 
8. Tidak terlalu suka rutinitas/dinamis.. 
9. Kurus, eh Langsing diingg :D.. kalo ada yang punya resep supaya bisa gemuk, boleh di bagi kakak... :p 
10. Minder-an. 
11. Tidak Disiplin (tapi yang ini berusaha di ubah menjadi Pribadi Disiplin).. :D.


11 Pertanyaan dari Sari
  1. Sari ituuuu... Baik, lucu, suka nyengir, ringan tangan (suka menolong), imut *pasti merah mukanya baca ini*..
  2. Marah?? kayaknya tidak pernah.. Alhamdulillah, kalopun pernah insyaAllah sudah dilupa koq :D
  3. Buku Bacaan favoritku?? Yeeeyyy, mau dikasi buku gratis.. :p Buku bacaan favoritku, banyak sih. Tapi kebanyakan buku pengembangan diri dan buku2 Islam kontemporer , sama novel Islami..
  4. Kalo saya onlen, suka buka situs apa?? Pondok Mutiah :D hehehe...
  5. Sesuai prinsip, yang saya pegang adalah Nikah dulu baru pacaran.. Jadi, Pacaran setelah nikah itu jauuuuuuuuuuuhhh lebih baik daripada sebelum nikah.. sueerr deh.. gak percaya?? coba saja sendiri :p
  6. Hewan ditakuti, Anjing. Bahkan pernah saya berpikir untuk mengajukan undang-undang pemilharaan Anjing.. Kalo yang geli itu “mouse” dan “lizard”, iiiiiiiiii...
  7. Hal terbodoh?? Ahhh, banyak [tutupmuka].. pliss, jangan tanya lagi...
  8. Sering nangis karena, sesuatu tentang orangtua dan cerita-cerita tentang kemanusiaan, PALESTINA...
  9. Yang ingin ku ubah dalam hidupku, yang perlu diubah hanya sifat yang negatif diubah jadi positif.. Demi masa depan :p
  10. Mewujudkan cita-citanya Ummiku, bahagaikan keluarga, bermanfaat buat orang lain, punya perpus pribadi, bisa ke Rusia atau jepang, perbanyak kawan supaya kalau besok-besok saya meninggal InsyaAllah banyak yang ikut menyolatkan.. :D. Amiin..
  11. Yang ingin kutemui.. Diaaaa, dia yang hanya kudengar lewat cerita-cerita orang, Dia yang tek pernah kutemui, dia yang tak pernah berinteraksi langsung denganku, dia yang kudengar hebat, dia yang menjaga hijabnya, diaa.... :D
Selesaiii... yeeeeyyyyyy

Nah, sekrang saatnya saya yang memilih dan membuat pertanyaan, JREEEENNGG..:

11 Orang yang Beruntung...
1. Fitri (Newbie, semoga bisa memotivasi rajin2 ngeBlog) :D
3. K' Illa (tabe' seniorrr)
4. D'starz (pengantin baru :D)
6. iefha (:p harus kerja)
7. Aurora
8. ... (bingung)

11 Pertanyaan wajib Jawab...
1. What do you think about me?
2. Pernahkah kamu marah sama saya? gara2 apa? kalo pernah, saya sudah minta maaf belum??
3. Apa yang tidak kamu suka dari saya, dan apa yang kamu suka? apa yang meningatkanmu tentang saya?? :p
4. Perlukah menabung, menurutmu?
5. Makanan dan Minuman apa yang kamu suka??
6. Dalam hidup ini, apa yang kamu hindari??
7. Apa yang dapat membuatmu tersenyum, ketika sedang sedih?
8. Apa kekurangan dan kelebihanmu?
9. Apa cita-citamu tentang Indonesia?
10. Tahukah kamu tentang perkembangan Bangsa Palestina saat ini? tolong ceritakan sedikit padaku.. 
11. Tolong sebutkan, manfaat dan mudhorat "keberadaan teknologi" dalam kehidupan?
(maaf kalo pertanyaannya tidak bermutu).. dijawab yah, makasih...

ditunggu reportnya ya kakak, selamat bekerja..  ..^_^..

lanjut baca qaqa ^_^ - Sebelas di Bulan Desember 2011

Kamis, 01 Desember 2011

...I S T I Q O M A H...

Berat...
Mungkin itu yang dirasakan sebagian bahkan semua orang yg tidak sanggup lagi berjalan dengan sebuah komitmen jangka panjang... (menurut saya)..

Saya manusia biasa.. saya butuh kebebasan.. saya tak suka disini.. Ekspresiku terasa dikekang... 

huffhhhttt..... Tak ada yang salah dengan kata "Manusia" kawan, kita semua manusia biasa, hanya Rasulullah SAW lah manusia yang dimuliakan oleh Allah... begitupula dengan sebuah makna"Kebebasan"...

Apakah perlu pembenahan cara berpikir kita tentang sebuah makna kebebasan dan hak azasi manusia??

ahhh sudahlah, saya tak punya hak menentukan salah atau tidak, saya bukan hakim bukan pula Tuhan yang bisa mengadili dan menjatuhkan vonis.. Saya hanya tersadar kalau berpegang teguh dengan Prisnsip2 Rabbani (ISTIQOMAH) itu berat...

Bisa karena alasan2 diatas, atau bisa juga karena kenikmatan dan kesibukan dunia yang semakin membuat manusia terlena jauh dari Allah dan lain lain wallahu'alam bishawwab.. 

Allah Maha penggenggam  dan Maha pembolak-balik hati.. Allah pula yg memberikan dan mencabut Hidayah kepada SIAPA SAJA YG DIKEHENDAKINYA... Allahu Akbar...

Dan dari Wabishah bin Ma'bad r.a. berkata, Aku telah datang kepada Rasulullah maka beliau bersabda:" Apakah engkau datang untuk bertanya tentang kebaikan? Aku menjawab "Benar". Beliau bersabda:" Mintalah fatwa dari hatimu, kebaikan itu adalah apa-apa yang jiwa dan hati tentram padanya. Dan dosa itu adalah apa-apa yang mengusik dalam jiwa dan ragu-ragu dalam hati, walaupun orang-orang memberikan fatwa padamu untuk membenarkannya."(ini adalah Hadits Hasan yang diriwayatkan tersebut di dalam Musnad dua imam Ahmad bin Hanbal dan Ad Darimi dengan sanad hasan).

lagi... "Hati"... hadist diatas diperkuat dengan sabda Rasullullah SAW..
“Ketahuilah, sesungguhnya di dalam tubuh manusia ada segumpal daging, apabila daging itu baik maka baiklah tubuh manusia itu, akan tetapi bila daging itu rusak maka rusak pula tubuh manusia. Ketahuilah bahwa sesungguhnya segumpal daging itu adalah hati.” (HR. Bukhari-Muslim)
"BERJATUHAN DI JALAN DAKWAH" adalah sebuah sunnatullah, yang bertahanlah yang tetap melanjutkan perjalanan.. namun bukan berarti yang bertahan jauh lebih baik.. tidaakk.. Tapi dalam kebersamaan ada kekuatan.. Itulah yang menjaganya..

Saatnya perkuat doa dan menjaga serta menata kembali hati ini..

YA ALLAH TETAPKAN KAMI DALAM AGAMAMU dan ISTIQOMAHKAN KAMI..

Malam Jum'at, 1 Desember 2011... suasana tenang dan hening.. 
lanjut baca qaqa ^_^ - ...I S T I Q O M A H...

Senin, 21 November 2011

*TENTARA SYAITAN MENGUASAI UNHAS*

Mengapa permusuhan diantara kalian begitu dalam?
Bahkan masing-masing berniat menumpahkan darah satu dengan yang lain?
Saling menghujat begitu menyakitkan berharap yang lain dapat merasakan sakit hati yang mengiris
Tangan-tanganmu dikuasai syaitan , wajah-wajahmu didandani iblis, energi dalam darahmu terus disemangati jin ......

SYAITAN memimpin pasukan perintahnya menggema ...hancurkan, pukul sampai lantak, bakar-bakar jangan biarkan asset milik Rakyat Indonesia ini tersisa, jangan biarkan Unhas yang dibangun dari cicilan lembar perlembar uang kecil rakyat jelata, dari tetesan keringat rakyat kecil berdiri tegak.

IBLIS mendandani wajahmu dengan tanduk-tanduk, wajah bengis buas memerah , mendesis mengeluarkan taring-taring jahat kemudian ditusukkannya dendam, dengki, ..... tumpahkan darah mereka lawanmu anak-anak muda yang taat bersembahyang, anak-anak muda yang datang dari kampung meninggalkan orangtua yang mati-matian terus mencari biaya kuliah, ibu yang terus menanti , anak-anak muda harapan kampung halaman.

Beribu-ribu JIN datang melebur dalam aliran-aliran darahmu tanpa henti memekikkan nafsu membunuh, nafsu amarah, nafsu anarkis yang membara , dia terus menyemangatimu ... goreskan darah, tikamkan badik, ayunkan terus parang agar calon-calon ilmuwan yang kelak dapat mengentaskan kemiskinan rakyat , membawa kesejahteraan, menciptakan kedamaian ditanah Sulawesi ini ...semua menjadi mangsa, menjadi korban dan menjadi tak berdaya

Kamu memang semua dalam genggaman Syaitan, dalam pelukan Iblis dalam kendali Jin
Kemudian kamu menjadi Anak-anak muda Jahannam, anak-anak muda berhati Iblis
Kamu semua adalah serdadu kerajaan Dajjal, kerajaan Syaitan ..
Kamu adalah kebanggan rakyat Syaitan

Syaitan di Fakultas sana, Syaitan di Fakultas sini, Syaitan juga menguasai bilik-bilik dosen, bilik- bilik pegawai ....... Semua terbahak-bahak , pekik kemenangan bertalu-talu

UNHAS kita telah dikuasai Syaitan, Iblis dan Jin ...........

UNHAS yang telah membekali kita dengan pengetahuan sehingga kita bisa hidup layak
UNHAS yang kita cintai
UNHAS kampung halaman yang terus kita rindukan
UNHAS ibu pertiwi

Kawan-kawan, sahabat yang gelisah mari berdoa,

Ya Allah, Tuhanku Maha Perkasa, lindungi UNHAS dari serdadu syaitan, mohon campakkan mereka dari Unhas keluarkan mereka ketempat yang jauh, hukumlah mereka dengan azab yang memadai .
Ya Allah, Tuhanku Maha Penyayang, beri kekuatan hati anak-anak muda mudi Unhas yang taat bersembahyang, yang ikhlas, yang ridho untuk terus memancarkan cahaya kebaikan, kemuliaan hidup mengalahkan para serdadu syaitan.
Ya Allah , Tuhanku, beri lah jalan bagi alamater hamba menjadi tempat belajar yang mapu melahirkan orang-orang yang berperadaban tinggi , menjadi perintis kemuliaan dunia dan akhirat .
 
di Copas, di grup.. *Ika Teknik UNHAS"
di Tulis oleh Kanda Arham'Geologi'83... Semoga Bermanfaat...
lanjut baca qaqa ^_^ - *TENTARA SYAITAN MENGUASAI UNHAS*

Kamis, 17 November 2011

PEnyemangat hari ini, dari @PEpatah

Jangan mengeluh! 
Masalah buatmu lebih dewasa. 
Salah buatmu lebih bijaksana. 
Bahagia selalu punya cara sebelum kamu menemukannya.


Jangan menyerah hanya karena belum menemukan solusinya. 
Salah hanya bukti kamu telah mencoba, dan tentu buatmu lebih baik nantinya.


Jika kamu terus mengejar apa yg tertinggal di masa lalu, kamu pasti akan kehilangan apa yg telah menunggu di masa depanmu. 


Hanya karena tak bisa melawan malas, manusia sering memenggal kreativitasnya sendiri


Jika kamu tak berusaha mewujudkan mimpimu sendiri, maka kamu akan menghabiskan hidupmu hanya mewujudkan mimpi orang lain.


Jangan pernah meremehkan kekuatan doa. 
Tuhan selalu mendengarnya, dan percayalah bahwa kekuranganmu tak akan jadi penghalangmu.
lanjut baca qaqa ^_^ - PEnyemangat hari ini, dari @PEpatah

Sabtu, 12 November 2011

Ayo Kamu Bisa

Aku ingin kamu bisa...
Menghadapi segalanya...
Memang berat dan tak mudah..
Tapi Kami akan selalu ada...

*Reff:
Ayo..ayo...ayo...MUTI PASTI BISA...
Ayo...ayo...ayo...bangkit bersatulah...kami disini tuk mendukungmu
Ayo...ayo...ayo...lepaskan bebanmu...
Ayo...ayo...ayo...kejarlah mimpimu...kami disini tuk mendukungmu..

Jangan takut...jangan ragu...maju terus pantang mundur...
Memang berat dan tak mudah...tapi kami akan selalu ada....

*back to reff
(Original Soundtrack SEA GAMES 2011)


hehe.. tidak asing dengan lirik diatas?? :D pasti jawab iya hehe, iya itu ost SEA Games 2011.. Terinspirasi dari perbincangan semalam dengan seorang kakak dengan perhatian penuhnya, subhanallah.. Sejak saya Maba sampe sekarang belum ada sesuatu kesiaan yg saya liat dari beliau..

Yaa, pembicaraan semalam di Pizza Ria Kafe Perintis.. kebetulan beliau duduk pas didepanku dan terlibat beberapa perbincangan yg cukup serius, yang membuka mata dan kepalaku yang selama ini terlalu kerdil dalam berfikir..
Dan saya sangat menyimak tiap kata yang beliau katakan, rasanya tiap kata itu semua berarti..

"Rinduku sama qt, lamaku mi mau ketemu.. ternyata qt ditakdirkan ketemu disini",
"Saya, tau yg muti alami sekrang",
"Saya, pernah rasakan",
"Saya, tak akan bertanya apa kabar tp saya mau bertanya apa yg bisa saya bantukan",
"Tidak ada orang yg suka dihakimi, sayapun sangat tak suka"
"Saya siap berdiri dibelakang muti",
"Saya siap jadi tamengmu kalo ada yang bertanya dan bicara macam2",
"Saya pernah merasakan 'Terpuruk' yg dalam dek, tp saya berpikir banyak yg bisa saya bantu dengn semangatku. masa sy tdk bisa semangat",
"Jangan sampe apa yg saya alami, itu menimpamu juga saudariku.. waktumu bernafas masih panjang, saya waktu itu seperti pake alat bantu pernafasan",
"Saya akan memantau mu dek, saya kakakmu.. ceritakan semuanya sama saya"..
"Kuatkan doa2 kita doa2 Robithoh kita setelah sholat, habis sholat jangan langsung berdiri"

dan satu statement yg paling menyentuh..

"Seandainya kita tau, bahwa ada seorang adek yg mau liqo asalkan di bina sama seorang Kak Mutiah, pasti kamu akan kembali bangkit dek.. dan tdk terpuruk seperti ini"

ahhh.. kakak, seandainya kamu tau, tadi malam air itu hampir jatuh.. tapi saya tidak akan menangis sekuat saya menahannya meskipun itu sebuah tangisan haru saya malu dengan dirimu yang kuat.. Karena perhatianmu yang luar biasa, yaa itu yang saya rasakan sejak kita pertama kali bertemu.. ^_^

Dengan ucapan Bismillah, kita akhiri pembicaraan tadi malam.. dan kamupun menawarkan tumpangan untuk pulang.. Diperjalanan pulang pun, kamu menyampaikan salam dari adikmu.. Kapan2, pertemukan kami yah, lama tak jumpa dengannya..

Beberapa, hikmah yang bisa kupetik :

  • Silaturrahim menambah rejeki dan kenyang :p (traktiran pizza)
  • Melepas rindu,
  • Bisa berbagi, dapat semangat baru "ArRuhul Jaddid",
  • Kembali menata dengan rapi dengan satu azzam yg kuat,
  • Tetap menciptakan lingkungan yang mendukung (kalo kata ustad Mujtaba, ciptakan lingkungan Islami), termasuk sering2 berkumpul dengan orang2 sholeh karena kita tidak akan pernah tau sampe kapan kita bisa kuat berdiri dilingkungan duniawi yg merajalela.
  • Saya yakin Allah mempertemukan kita, mewakili semua harapan orang2 dekat yang mencintaiku :p
Ayo..ayo...ayo...MUTI PASTI BISA...
Ayo...ayo...ayo...bangkit tersenyumlah...
kami disini tuk mendukungmu
Ayo...ayo...ayo...lepaskan bebanmu...
Ayo...ayo...ayo...kejarlah mimpimu...
kami disini tuk mendukungmu..
lanjut baca qaqa ^_^ - Ayo Kamu Bisa

Jumat, 11 November 2011

Chart of Mutiah (judul yg aneh)


Sambil menunggu Si Mint di update, saya blogwalking di beberapa teman2 blogger.. dan saya menemukan tes personality di atas.. iseng :D
dan ternyata hasilnya tidak jauh beda dengan hasil dari ipersona beberapa bulan yang lalu..

Mungkin ada yang mikir, ngapain juga tes tes kayak begitu?? Yaa, kalo saya sih, cuma mau memastikan saja saya kecenderungannya kemana dan dimana.. bukan ayu ting ting 


Nah, karena sudah jam 10.. saatnya kembali fokus.. :D
http://www.mypersonality.info/account-personality-results/
lanjut baca qaqa ^_^ - Chart of Mutiah (judul yg aneh)

Friday, Nov.11 00.34

tedeeeengg.... blogku tampilan baru lagi, setelah kehilafan yang kulakukan beberapa hari yang lalu... dengan mengganti secara sengaja tampilannya dan tidak membackupnya.. dan jadilah satu tampilan blog yang tidak sesuai seleraku.. (maaf blogspot) dan sekrang setelah mendonlot template dan memodifikasinya sedikit dan jadilah tampilan seperti sekrang ini.. jauh lebih sederhana dari yang kemarin.. dan saya suka ini, karena bsa mewakili jiwa seorang Mutiah yang sederhana dan simpel.. hihi.. dan, karena waktu menunjukkan pukul setengah satu dini hari, saatnya untuk istirahat.. semoga kedepannya saya bisa sering2 apdet... (banyak utang tulisan yg belum tertunaikan)... Hoaaaammmmm.... Have a nice dream...
lanjut baca qaqa ^_^ - Friday, Nov.11 00.34

Selasa, 08 November 2011

Indah Pada Waktunya

Saat Aku Minta Pada Allah Setangkai Bunga Segar Tapi Allah Beri Aku Kaktus Berduri. Aku Minta Pada Allah Hewan Mungil nan Cantik, Allah Beri Aku Ulat Berbulu . Aku Sempat Sedih, Kecewa & Protes. Betapa Tidak Adilnya Allah. Namun Kemudian... Kaktus itu Berbunga,Sangat Indah Sekali.. Dan Ulatpun Tumbuh dan Berubah menjadi Kupu-Kupu yang Teramat Cantik. Itulah Rahasia Allah, INDAH PADA WAKTUNYA!! Allah Tak Memberi Apa yang Kita Harapkan, Tapi Allah Memberi Apa yang Kita Perlukan. Kadang Kita Sedih, Kecewa, Terluka.... Tapi Jauh di atas Segalanya, Allah Sedang Merajut Sesuatu yang Terbaik Bagi Kehidupan Kita... Semoga Kita Termasuk Hamba-hambaNya yang Selalu Ridho atas Qadha'Nya Dan Selalu Bisa Bersyukur atas Segala Nikmat yang diberikanNya.. AMIN
lanjut baca qaqa ^_^ - Indah Pada Waktunya

Sabtu, 05 November 2011

Heii Ini Aku...

Beberapa bulan yang lalu saya coba2 ikut Tes Kepribadian di  dan hasilnya adalah saya Si Pelaku Peka, tadinya saya pikir saya adalah seseorang yang sangat peka dan sensitif.. tapi pas dilihat dan ternyata penjelasannya panjang.. :D dan sepertinya memang Mutiah Banget.. hehe... mungkin ada yang sama dengan saya sama sama Pelaku Peka, nah mau tau ciri2 Pelaku Peka seperti apa??


Tipe Pelaku Peka adalah orang-orang yang lembut, rendah hati, dan pendiam. Mereka menangani kehidupan sehari-hari dengan baik dan menyukai keleluasaan pribadi mereka. Dengan sifat optimis dan tidak banyak bicara, mereka juga adalah pendengar yang baik yang sering dicari orang dan orang lain merasa nyaman ditemani mereka. Singkatnya, tipe ini adalah yang paling mudah disukai dan paling ramah di antara semua tipe kepribadian. Toleransi dan sikap hormat kepada orang lain membuat kepribadian mereka menonjol. Mereka sangat penuh kasih sayang, murah hati, dan selalu bersedia membantu. Mereka terbuka dan tertarik pada segala hal baru atau yang tidak diketahui oleh mereka. Namun demikian, jika sistem nilai dalam diri atau perasaan keadilan mereka dilukai, tipe Pelaku Peka dapat sekonyong-konyong dan secara mengejutkan menjadi keras dan tegas. 


Tipe Pelaku Peka menikmati kenyamanan kehidupan sebaik-baiknya. Mereka sangat bahagia dalam kehidupan sehari-hari. Tipe Pelaku Peka biasanya seniman berbakat atau perajin yang amat trampil. Kreativitas, imajinasi, dan terutama persepsi yang tajam hanya sedikit dari kekuatan mereka. Tipe Pelaku Peka sangat berorientasi pada kekinian; perencanaan jangka panjang dan persiapan tidak menarik bagi mereka. Mereka menghadapi hidup sebagaimana datangnya dan bereaksi dengan luwes terhadap tuntutan sehari-hari. Mereka tidak menyukai terlalu banyak rutinitas dan hal-hal yang bisa ditebak. Bakat mereka muncul ke permukaan ketika proses pekerjaan beragam dan tidak ada banyak aturan.


Tipe Pelaku Peka suka bekerja sendiri; jika mereka menjadi bagian dari tim, mereka tidak terlibat dalam permainan persaingan atau kekuasaan dan lebih memilih hidup dan bekerja sama secara harmonis dan terbuka. Tipe Pelaku Peka sangat puas dengan lingkaran pertemanan yang kecil namun akrab karena kebutuhan kontak sosial mereka tidak terlalu besar. Di sini mereka juga menghindari konflik – pertengkaran dan perselisihan menimbulkan cukup banyak ketegangan bagi mereka. Tipe Pelaku Peka biasanya sangat menyukai binatang dan sangat pandai berhadapan dengan anak kecil. Sebagai pasangan, tipe ini setia dan dapat diandalkan serta bersedia mencurahkan diri ke dalam suatu hubungan. Saling menghargai dan toleransi sangat penting bagi tipe Pelaku Peka.


Kecintaan mereka terhadap kesenangan menjadikan mereka teman yang menyenangkan yang dengan mereka seseorang dapat mengalami saat-saat yang intens. Mereka suka memperlakukan pasangan mereka dengan penuh perhatian, memberi mereka hadiah-hadiah kecil, dan sangat peka terhadap kebutuhan-kebutuhan pasangannya – seringnya lebih dibanding terhadap kebutuhan mereka sendiri. Namun demikian, jika mereka bertemu orang yang salah, mereka memiliki risiko dimanfaatkan. Mereka akan mengalami kekecewaan mendalam jika itu terjadi.
lanjut baca qaqa ^_^ - Heii Ini Aku...

Minggu, 30 Oktober 2011

Inilah "Tarbiyah" Mengajarkan Kami

judulnya terlalu lebay.. hehe
dua tahun kebersamaan kita dalam lingkaran kecil...
dua tahun itu pula proses ta'aruf kita tak pernah terhenti...
semakin hari semakin mengetahui satu sama lain...
tidak jarang selalu saja ada selisih paham, karena memang cara berpikir kita berbeda2...
ahhh.. boleh dikata dua tahun ini kita sama sama gila...
kita sama sama mendapatkan ilmu dimana ada kamu disitu ada saya dan mereka, kalian..
awalnya kita 8 kemudian susut menjadi 6... dan sekarang.. saya ber-12 orang.. rame euyy, mereka yang saya kenal adalah orang2 hebat...
Yaa begitulah jalan ini, akan terseleksi secara tersendiri seperti "Daun daun kering yg berguguran".. Apabila tak suka, ada 2 pilihan : Tetap berjalan atau meninggalkan
dan kini.. Dakwah ini telah meminta kedewasaan kita, keTsiqohan kita.. ^_^
sekarang dan kedepannya, akan ada wajah wajah baru yang dalam lingkarang kecil ini..
yahh, dia mereka kami...
Semoga hati-hati kami, kamu dan kita terpaut dalam ikatan kasih ilahi...
Ya Allah, Engkau mengetahui bahwa hati-hati ini telah berhimpun dalam cinta padaMu, telah berjumpa dalam taat padaMu, telah bersatu dalam dakwah padaMu, telah berpadu dalam membela syari’atMu. Kukuhkanlah, ya Allah, ikatannya. Kekalkanlah cintanya. Tunjukilah jalan-jalannya. Penuhilah hati-hati ini dengan nur cahayaMu yang tiada pernah pudar. Lapangkanlah dada-dada kami dengan limpahan keimanan kepadaMu dan keindahan bertawakkal kepadaMu. Nyalakanlah hati kami dengan berma’rifat padaMu. Matikanlah kami dalam syahid di jalanMu. Sesungguhnya Engkaulah sebaik-baik pelindung dan sebaik-baik penolong. Ya Allah. Amin. Sampaikanlah kesejahteraan, ya Allah, pada junjungan kami, Muhammad, keluarga dan sahabat-sahabatnya dan limpahkanlah kepada mereka keselamatan.
lanjut baca qaqa ^_^ - Inilah "Tarbiyah" Mengajarkan Kami

Rabu, 28 September 2011

27 September 2011

Perjalanan Sore, pusing, mumet bercampur mirip gado2.. Dan diputuskan, jalan-jalan sendiri ke Pantai Losari.. ALONE..
<-- Menikmati suasana ini ditengah ramainya pengunjung.. Datang dengan beribu suasana pikiran dan berharap pulang dengan sejuta senyum...
<-- Bertemu Gadis kecil ini, yg kesekian kalinya... dan berkomentar tentang behel yg kupakai.. haha ^_^.. Lucumu dek
<-- Pengamen Favoritku ^_^
Tidak Jadi Pulang ^_^, padahal sudah niat pulang ---->
<--- Orang yg aneh, niatnya mau foto Bapak2 yg dibelakang, ehhh dia datang2.. alay banget sih... haha
<-- Sempat dengar kata2 beliau, "Mau menjual sampe malam, tp mau di apa kalo malam harus sama2 keluarga".. Keren pak, pertahankan...
dan tiba saatnya kita pulang dengan penuh senyum...
lanjut baca qaqa ^_^ - 27 September 2011

Kamis, 18 Agustus 2011

CurCol...

ALLAH.. Kuatkan kakiku melangkah...
Rasanya sudah tidak mampu lagi melaluinya...
Hari ini, sy tawakkal kakiku diarahkan kemana...
Engkau Maha mengetahui yg terbaik...
Saya sayang semuanya...
Saya tidak ingin mengecawakan semuanya...
Thu, 18 Agustus 2011.. 09.59
lanjut baca qaqa ^_^ - CurCol...

Senin, 20 Juni 2011

Sekedar Curhat



Hai kamu... Yaa, kamu...
Maaf, ada hal yang cukup penting buatku saat ini yang sepertinya kamu belum mengetahuinya..
Maaf, karena saya tak tahu cara menyampaikannya padamu..
Tapi seharusnya kamu harus tahu, bahwa untuk saat ini sampai beberapa bulan kedepan dialah yang menjadi partnerku..
Dia yang batasan kami hanya interaksi Muamalah..
Yah, hanya beberapa bulan kedepan..
Mohon do'a dan restumu untuk kelancaran semuanya..
Semoga Allah pun meridhoi kerja-kerja kami ini..
Semoga saya dikuatkan, dengan bahu yg tetap terbuka, kaki yang tetap kuat berjalan dan menopang tubuh ini..
Dan sekali lagi, semoga kamupun mengerti dengan situasi ini..



lanjut baca qaqa ^_^ - Sekedar Curhat

Jumat, 06 Mei 2011

Virus-virus Ukhuwah **bag.2** Abu 'Ashim Hisyam bin Abdul Qadir Uqdah

LALAI MENJALANKAN IBADAH DAN MELANGGAR TUNTUNAN AGAMA Sejauh mana kadar takwa dan kebaikan yang anda lihat dari saudaramu, sejauh itulah tulusnya cinta dan persahabatan yang anda berikan padanya. Sejauh mana tingkat dzikir, ibadah, peringatan akan akhirat, perhatian terhadap ketaatan kepada Allah, dan dakwah di jalan-Nya yang memenuhi nuansa persahabatan dan pertemanan, sejauh itulah eratnya persabatan dan jalinan cinta yang terjalin di antara keduanya. Namun jika hubungan persahabatan kering dari makna-makna dzikir, ibadah, saling menasihati, mengingatkan perihal akhirat dan mendorong semangat dakwah, maka kegersangan ukhuwah akan semakin terasa, lalu beralih menjadi permainan (lagha) dan perdebatan sia-sia. Hati bertambah keras dan cepat bosan, sementara lagha (perkataan dan perbuatan sia-sia) membuka gerbang keru-sakan dan perselisihan, yang pada akhirnya terjelmalah dosa sebagai dinding pemisah yang memburaikan ikatan ukhuwah dan memisahkan dua sahabat. Dalam sebuah hadith shahih, Rasulullah shallallahu. 'alaihi wa sallam bersabda:
"Tidaklah dua orang yang saling berkasih sayang karena Allah berpisah, kecuali
disebabkan oleh dosa yang dilakukan oleh salah seorang di antara keduanya.”48
Dosa yang dilakukan tersebut tidak semestinya berhubungan dengan saudaramu, namun bentuk dosa apa pun yang dilakukan oleh seseorang dapat menjadi faktor hilangnya seluruh sahabat dekat dan saudaranya satu demi satu. Misalnya dosa yang berhubungan dengan masalah keuangan, lantaran meninggalkan kewajiban, perbuatan tidak terpuji, mengucapkan kata-kata jelek, ghibah, menjatuhkan wibawa dan kepribadian orang lain, memperolok-olok, dan berbagai perbuatan maksiat lainnya. Dosa karena perbuatan-perbuatan maksiat di atas dapat mengakibatkan hilangnya rasa cinta dan ukhuwah, baik secara langsung mahupun tidak langsung - sebagai balasan atas maksiat, yaitu dengan hilangnya sahabat-sahabat yang mencintaimu. Sebagai contoh, sahabatmu merasa jika berdekatan denganmu akan menggiringnya ke dalam maksiat, diam dengan kemungkaran, lebih mengingatkan perihal duniawi dan melupakan dzikir serta akhirat, lalai beribadah, dan menjauhkan dari kegiatan-kegiatan dakwah. Dengan alasan-alasan tersebut, rasa cintanya semakin terkikis dan lebih menyukai bergaul dengan orang lain. Sesungguhnya kelebihan hubungan ukhuwah karena Allah adalah karena yang terlibat di dalamnya senantiasa mengingatkan masalah-masalah akhirat, seperti yang dinyatakan oleh al-Hasan rahimahullah: "Sahabat lebih kami cintai daripada keluarga sendiri, karena sahabat mengingatkan kita akan akhirat, sedang keluarga mengingatkan kita akan dunia." Dengan demikian, jika seorang sahabat cenderung mengingatkanmu dengan masalah-masalah duniawi, kelebihan apa lagi yang masih tersisa darinya? Untuk itu, jika engkau ingin memiliki sahabat-sahabat yang menghargai dan menghormatimu, hendaklah engkau mulai dengan memperbaiki hubunganmu dengan Allah, komitmen dengan ketentuan syari'at dan hukum-hukumNya, jauhkan dirimu dari maksiat dan dosa.
'Seorang bijak berkata: "Barangsiapa yang menghendaki kemuiliaan tanpa keluarga, kaya tanpa harta, kedudukan di antara sahabat, wibawa di mata penguasa, maka hendaknya ia mampu membebaskan diri dari belenggu maksiat menuju taat kepada Allah."
Di antara bentuk pelanggaran syari'at yang dapat menghancurkan cinta imani, bahkan dapat mengakibatkan permusuhan adalah mahabbah syaitaniyyah (cinta yang didorong oleh nafsu syaitan). Hal ini dapat terjadi jika hubungan yang terjalin antara dua insan berjalan tidak wajar dan membawanya dalam keadaan yang serba tidak menentu, khawatir dan lemah, sehingga ketika dalam shalat pun ia masih mengingat dan merasakan kehadirannya. Ia tidak suka apabila sahabatnya berkenalan dengan orang lain atau bergaul dengan orang lain, benci dengan setiap orang yang mahu menjalin hubungan dengannya, bahkan mungkin beberapa kawannya merasa dirugikan oleh keberadaannya, kecemburuan yang muncul kepadanya seakan-akan kecemburuan terhadap istrinya sendiri. Model cinta seperti itu bukanlah cinta imani, melainkan cinta syaitan atau nafsu syahwat yang lebih mendekati al-'isyq (cinta kerana nafsu), yang dibangun atas dasar keakraban belaka, penampilan luar, paras muka, dan semisalnya. Cinta seperti ini justru akan menjerumuskan ke dalam kenistaan, permusuhan, dan sikap saling menjauhi. Kerana segala sesuatu yang tidak dibangun kerana Allah akan terputus, namun jika kerana Allah akan tetap kekal dan bersambung. Sebagaimana keindahan rupa tidak menjamin kebaikan dirinya.
jangan terpedaya dengan keelokan rupa
sungguh banyak wanita cantik yang buruk pribadinya
tidak selamanya yang kuning mengkilap adalah uang emas
kalajengking kuning adalah jenis yang paling jelek dan berbahaya.
Dzur-Rummah menjadikan air sebagai perumpamaan bagi orang yang baik lahirnya namun jahat batinnya. Ia berujar: tidakkah kau tahu; kadang air itu busuk baunya walau warnanya tetap putih jernih Suatu ketika, seorang bijak melihat orang yang sangat tampan.
Lalu ia berkata: "Memang,rumah itu indah, tapi penghuninya jelek." Jahzhah, seorang sastrawan Arab kemiidian mengambil makna ungkapan tersebut dalam bait puisinya:
seringkali perbedaan itu nampak jelas sekali
antara rumah indah namun penghuninya tidak berakhlak yang baik..
Adapun cinta imani membawa ketenteraman dan kedaimaian, terus mendorong untuk taat dan mendekatkan diri dengan Allah, ia bertambah kukuh dengan ketaatan sahabat yang dicintai kepada Allah, dan berkurang kerana kelalaiannya atas hak-hak Allah Subhanahu waTa'ala. Suatu hal yang mesti diperhatikan, walaupun ukhuwah begitu penting dan memiliki berbagai dampak positif, namun Islam senantiasa menganjurkan untuk memposisikan segala sesuatu dalam kerangka yang seimbang. Sikap berlebihan (ekstrem) tidak dapat diterima dalam bentuk apa pun, ia merupakan sikap abnormal yang dapat menjerumuskan ke dalam kenistaan dan kelalaian.
*bersambung*
lanjut baca qaqa ^_^ - Virus-virus Ukhuwah **bag.2** Abu 'Ashim Hisyam bin Abdul Qadir Uqdah

Minggu, 01 Mei 2011

Virus-virus Ukhuwah **bag.1** Abu 'Ashim Hisyam bin Abdul Qadir Uqdah

Bismillahirrahmanirrahim.... setelah sekian lama tidak mengupdate blog, kali ini saya akan berbagi sesuatu dari buku yang telah saya baca... buku lama sih, tapi saya rasa tak ada salahnya untuk dibagi :D (ngotot).. Judul Bukunya adalah "Virus-virus Ukhuwwah" sesuai judul postingan kali ini, dan insyaAllah saya posting tidak sekaligus (menghindari kebosanan) tapi perbagian.. Virus-virus Ukhuwah Rasulullah SAW bersabda :“Bertakwalah kepada Allah dimana saja engkau berada. Ikuti-lah kejelekan itu dengan kebaikan, niscaya kebaikan tadi akan menghapus kejelekan, dan berakhlaklah kepada manusia dengan akhlak yang baik.” Seorang Badui (masyarakat pedalaman Arab/nomad) pernah ditanya: "Siapakah orang yang paling baik pergaulannya?" Ia menjawab: "Ia adalah orang yang jika dekat ingin memberi, jika berpisah memuji, jika disakiti memberi maaf, dan jika ditekan tetap lapang dada. Siapa yang mendapatkan orang seperti ini, maka dia telah beruntung dan sukses." Seorang dari suku Quraisy berkata: "Bergaullah dengan manusia sehingga jika engkau jauh, mereka merindukanmu, dan jika engkau mati, mereka menangisimu." (Abu Hayyan at-Tauhidi, al-Mukhtar minash-Shadaqah wash-Shadiq, hlm. 93. 19 ) Ini merupakan ungkapan yang amat berharga, membuka peluang seluas-luasnya untuk terus berpacu dan berijtihad dalam mencari sarana-sarana yang dapat merealisasikan pergaulan yang baik. Adapun pembahasan detail mengenai masalah ini mencakup aspek-aspek yang tidak terbatas selama masih dajam lingkup tema pergaulan yang baik. Sementara pembahasan berikut ini, mengenai virus-virus atau noda-noda perusak ukhuwah - yang harus kita hindari - tidak lebih dari upaya agar mampu mewujudkan pergaulan yang baik di antara kita. Untuk itu, kita mulai membahasnya secara detil.
TAHUKAH ENGKAU,
DIMANA IA BERSEMAYAM?1
tahukah engkau, di mana ia bersemayam?
dialah saudaramu...ke mana ia melangkah?
sanggupkah matamu memandangnya?
sedang matanya tak sanggup menatapmu?
saudaramu hidup laksana sejarah
berjalan beriringan mengikuti langkahmu
tanpa bahasa yang dapat menyapa
bercucur air mata jika bersua
jika bumi menghimpitnya
hanya hatimu tempal mengadu
engkau bermurah hati tanpa pamrih
memupus duka nestapa yang ia derita
engkau memikul beban bertl tanggungannya
ketika letih pilu merasuk kedua bahunya
jika bumi menghimpitnya
hanya hatimu tempat mengadu
engkau selimutkan tirai di sekujur tubuhnya
ketika syaitan datang memperdayanya
engkau tersenyum bangga dengan ranum buah akhindit
engkau bahagia pula dengan kesuburan
ladang dunia saudaramu
jika bumi menghimpitnya
hanya hatimu tempat mengadu
Saudara kita adalah seluruh Umat Islam dibelahan bumi manapun, persaudaraan kita adalah persaudaraan Islamiyyah, Satu keimanan, Satu Tuhan yaitu Allah SWT, Nabi Muhammad SAW panutan kita, persaudaraan kita adalah persaudaraan lintas teritorial, kita tidak mengenal batas negara, tidak mengenal ras, suku atau warna kulit. kita tidak mengenal paham nasionalisme yang telah memecah persaudaraan kita.
Musuh kita adalah orang-orang yang menentang Allah dan Rasul-nya, yaitu mereka adalah orang-orang dari golongan Munafirun wal Musyrikun..
TAMAK AKAN KENIKMATAN DUNIA Mungkin Anda bertanya: adakah hubungan antara cinta yang terjalin antara dua insan, dengan sifat tamak akan kenikmatan dunia yang ada pada salah seorang di antara mereka atau keduanya? Secara pasti, jawabannya adalah: ya! Jika sifat tamak akan kenikmatan dunia dan ketertarikan dengan apa-apa yang dimiliki oleh kebanyakan orang, sebagai faktor dominan yang mendorongnya untuk membangun cinta dengan orang lain. Rasulullah shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Berzuhudlah dari kenikmatan dunia, nescaya Allah akan mencintaimu, dan berzuhudlah dari apa-apa yang dimiliki oleh manusia, nescaya mereka mencintaimu. " Allah Subhanahu wa Ta'ala berfirman: "Dan janganlah kamu tujukan kedua matamu kepada apa yang telah Kami berikan kepada golongan-golongan dari mereka, sebagai bunga kehidupan dunia untuk Kami uji mereka dengannya. Dan kurnia Rabb-mu adalah lebih baik dan lebih kekal" (Thaha [20]: 131). Banyak kasus dua orang sahabat yang saling mencintai dengan tulus sehingga masing-masing merasa berat untuk berpisah dari kawannya, tibatiba sikap mereka berubah ketika tergiur dengan gemerlap dunia dan berlomba-lomba untuk mendapatkannya. Apa yang akan kita lakukanseandainya ada peluang rizki di mana kita dan saudara kita sama2 membutuhkan? Sering terjadi dua orang sahabat saling bersaing, saling jegal demi mendapatkan satu pekerjaan. Di sinilah sifat itsar (mendahulukan saudara) kita diuji. Sebaik-sebaik sifat itsar adalah yang seperti dilakukan oleh kaum Anshar terhadap kaum Muhajirin sebagaimana diabadikan dalam QS. Al Hasyr : 9 berikut ini. "Dan orang-orang yang telah menempati Kota Madinah dan telah beriman (Ansar) sebelum (kedatangan) mereka (Muhajirin), mereka mencintai orang yang berhijrah kepada mereka. Dan mereka tiada menaruh keinginan dalam hati mereka terhadap apa-apa yang diberikan kepada mereka (orang Muhajirin); dan mereka mengutamakan (orang-orang Muhajirin), atas diri mereka sendiri. Sekalipun mereka memerlukan (apa yang mereka berikan itu). Dan siapa yang dipelihara dari kekikiran dirinya, mereka itulah orang-orang yang beruntung"
lanjut baca qaqa ^_^ - Virus-virus Ukhuwah **bag.1** Abu 'Ashim Hisyam bin Abdul Qadir Uqdah

Sabtu, 08 Januari 2011

Perfilman Indonesia : Sejarah, Perkembangan & Situs Review Film.

Perfilman Indonesia sempat memiliki sejarah gemilang di tanah air pada tahun 80-an, dimana banyak film Indonesia yang merajai bioskop-bioskop lokal. Film -film yang sempat terkenal pada saat itu antara lain, Catatan si Boy, Blok M, dll. Sayang puncak kejayaan Film Indonesia pada tahun 80-an tidak berlanjut ke tahun 90-an. Pada tahun 90-an, perfilman Indonesia memasuki masa suram. Hampir semua film Indonesia berkutat dalam tema-tema yang khusus orang dewasa dengan adegan menyerempet. Film Indonesia tersingkir dari bioskop – bioskop, digantikan oleh Film-film Hollywood dan Hong Kong . Terpuruknya Film Indonesia di Negara sendiri berlangsung sampai awal 20, sampai muncul nya film Petualangan Sherina yang diperankan oleh Sherina Munaf. Film drama musical karya Riri Riza dan Mira Lesmana berhasil menjadi tonggak kebangkitan kembali perfilman Indonesia. Setelah film Petualangan Sherina, mulai muncul film dengan berbagai tema, Film Jelangkung yang merupakan tonggak tren film horor remaja., Film Ada Apa dengan Cinta? yang mengorbitkan sosok Dian Sastrowardoyo dan Nicholas Saputra, Di Sini Ada Setan, Tusuk Jelangkung, Biarkan Bintang Menari, Eiffel I'm in Love, Arisan!
Selain film komersil, perfilman Indonesia berhasil melahirkan banyak film non komersil yang berhasil memenangkan penghargaan internasional, antara lain : Film Pasir Berbisik, Daun di Atas Bantal, dll. Pada masa sekarang, perfilman Indonesia bahkan berkembang lebih pesat lagi, ditandai oleh banyaknya film Indonesia yang ditampilkan di bioskop Indonesia. Memang tema horror ,sex dan komedi masih mendominasi film – film Indonesia pada saat ini, tetapi di samping tema tersebut, Indonesia mampu melahirkan banyak film berkualitas international seperti Laksar Pelangi , Sang Pemimpi, Perempuan Berkalung Sorban, Darah Garuda, dan sampai yang terakhir muncul film Sang Pencerah. Film Indonesia, perlahan tapi pasti, mulai mengembalikan kejayaannya di tanah air.
Majunya perfilman Indonesia memang merupakan anugerah yang luar biasa, jumlah film yang banyak memberikan alternatif pilihan menonton bagi para pecinta film. Tetapi sayangnya, tidak semua film Indonesia berkualitas, banyak rumah produksi yang hanya mengejar omzet dengan mengumbar unsur sex dengan mengorbankan mutu. Sebab itu, para penonton harus jeli dalam memilih film yang akan ditonton, salah satu cara yang tepat adalah dengan membaca review film terlebih dahulu, salah satu yang gratis adalah melalui situs movie review di internet. Di Indonesia , kita mengenal situs review film Movietei.com. Movietei adalah situs review film terbesar di Indonesia yang menyediakan berbagai informasi mengenai film – film di Indonesia, baik film asing, film Indonesia & film Indie. Tidak seperti review komersil yang ditampilkan media lain, review film di situs movietei dilakukan secara blak – blakan, baik, para pengunjung movietei juga dapat memberikan penilaian mereka secara langsung terhadap film yang sedang dibahas. Situs Movietei.com merupakan alternatif panduan bagi para pecinta film di Indonesia agar tidak terjebak oleh film – film murahan yang tampil di Indonesia, sekaligus juga sebagai tempat apresiasi film – film Indonesia yang berkualitas. Maju terus Film Indonesia !
lanjut baca qaqa ^_^ - Perfilman Indonesia : Sejarah, Perkembangan & Situs Review Film.